Paper Presentasi
Mata Kuliah Pendidikan IPS
“Analisis Perbedaan Materi
Kelas 1 SD Semester 2 pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006
dengan Kurikulum 2013”
Dosen Pengampu: Rusmawan,
S.Pd., M.Pd.
Kelompok 1/2:
Yohanes
Sigit Tri Wahyudi (131134036)
Rahmawati
Suharno (131134055)
Widi Astuti (131134208)
Apri
Mariana (131134246)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2015
Kurikulum 2013
PPKn
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang “Garuda Pncasila”
Pancasila.
3.3 Mengenal
keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah.
3.4 Mengenal arti
bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku
di sekitar rumah dan sekolah dan mengkaitkannya
dengan pengenalannya
terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
4.3 Mengamati serta
menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karakteristik
individu di rumah dan
sekolah
Bahasa
Indonesia
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau
personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan
bahasa daerah setempat
4.1 Menceritakan karya seni budaya benda
dan bahasa daerah setempat
KTSP 2006:
Standar
Kompetensi : Mendeskripsikan lingkungan
rumah
Kompetensi
Dasar : 2.1 Menceritakan kembali
peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga.
2.2
Mendeskripsikan letak rumah
2.3
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
Analisis
Kurikulum
2013:
Materi dalam kurikulum
2013 memuat materi tentang lambang Pancasila (simbol dan perilaku yang
mencerminkan setiap simbol dalam Pancasila), kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik setiap individu dalam lingkungan, mengenal karya seni dan bahasa
daerah setempat.
KTSP
2006
Materi dalam KTSP 2006
memuat materi tentang peristiwa masa lalu yang pernah dialami peserta didik,
denah rumah, lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan
rumah.
Perbedaan
Setelah kami membaca,
memahami, dan membedah SK dan KD dari setiap kurikulum kami dapat meyimpulkan
bahwa dari masing-masing kurikulum tersebut kami menemukan beberapa perbedaan.
Terdapat materi KTSP yang tidak tercantum dalam kurikulum 2013.
KTSP
|
Kurikulum 2013
|
peristiwa masa lalu yang pernah
dialami peserta didik
|
lambang Pancasila (simbol dan perilaku
yang mencerminkan setiap simbol dalam Pancasila)
|
denah rumah
|
kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik setiap individu dalam lingkungan
|
lingkungan rumah sehat dan perilaku
dalam menjaga kebersihan rumah
|
mengenal karya seni dan bahasa daerah
setempat
|
Dari perbedaan tersebut
kami dapat menyimpulkan bahwa pada KTSP hanya mempelajari gambaran secara
umumnya saja. Sedangkan pada kurikulum 2013 materi yang dipelajari lebih
mendalam dan detail. Oleh karena itu, kelompok kami berargumen kurikulum 2013
itu merupakan kelanjutan dari materi KTSP yang dipelajari lebih mendalam dan
kurikulum 2013 melibatkan semua objek yang terdapat di lingkungan sekitar,
sehingga menurut kelompok kami kurikulum 2013 lebih efektif untuk diterapkan
dalam proses pembelajaran di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar